cover
Contact Name
Sukardi
Contact Email
jurnal.steamengineering@fkip.upr.ac.id
Phone
+6282348671344
Journal Mail Official
jurnal.steamengineering@fkip.upr.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho Jalan Hendrik Timang, Palangka Raya (73111), Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
STEAM Engineering : Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering
ISSN : 26864673     EISSN : 26864517     DOI : -
STEAM Engineering receives articles in the scope of Science and Technology in Mechanical Engineering such as the results of research in the fields of Energy Conversion, Renewable Energy, Manufacturing, Metallurgy, Design, and Automotive; and Vocational Education includes research results on Theory and Learning strategies in Vocational Education, Vocational Education Management and Policy, Vocational Education Curriculum Development, Vocational Education Evaluation and Assessment, Vocational Career Development, and Vocational Teacher Professional Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021" : 9 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DIGITAL LIBRARY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA Made Suwardike; Debora; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.014 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.1476

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas aplikasi digital library sebagai sumber belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Penelitian ini melibatkan 44 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner penilaian efektivitas penggunaan media pembelajaran digital library sebagai salah satu sumber belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Pengukuran efektivitas penggunaan aplikasi digital library diukur berdasarkan enam variabel, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan penggunaan,dan manfaat bersih. Berdasarkan hasil analisis angket mahasiswa menunjukkan bahwa aplikasi digital library berada pada kategori efektif dengan skor rerata total variabel sebesar 3,896
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING PADA MATERI MENGEVALUASI KERJA BATERAI SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK KARSA MULYA Fernando Siahaan; Harie Satiyadi Jaya; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.726 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.1853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada materi mengevaluasi kerja baterai menggunakan aplikasi Zoom di Kelas X A Teknik Kendaraan Ringan SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun ajaran 2019/2020. Model pembelajaran ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel untuk penelitian ini 37 orang kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK karsa Mulya Palangka Raya. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pre-test dan post-test, respon siswa menggunakan kuesioner, sedangkan untuk memperoleh data aktivitas guru dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan dengan siswa berjumlah 37 orang sebagai responden yang menjawab angket dilihat siswa yang melaksanakan pre test tuntas sebanyak 5 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 32 orang, dengan nilai tertinggi 85,00 dan nilai terendah 6,67. Siswa yang melaksanakan post test tuntas sebanyak 27 orang dan yang tidak tuntas 10 orang, hasil akhir dengan nilai tertinggi 93,00, nilai terendah 56,67 dilihat siswa yang lulus ada 31 orang dengan nilai tertinggi 80,23 dan yang tidak lulus 6 orang dengan nilai terendah 64,70.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA SMK NEGERI 1 PALANGKA RAYA Bambang Harry Adi Kumoro; Debora; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.742 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.1876

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya Dasar Pada Kelas XI TKRO SMK Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriktip dengan pendekatan kuantitatif bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bentuk tes berupa soal pilihan ganda.Berdasarkan data dan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pembelajaran produktif menggunakan model tutor sebaya (peer teaching) pada materi sistem bahan bakar bensin konvensional, dapat disimpulkan bahwa Ketuntasan belajar siswa pada materi sistem bahan bakar dengan model pembelajaran tutor sebaya memperoleh hasil Ketuntasan individu Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara individu diperoleh 36  siswaatau90% siswa yang tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa atau 10%.Secara klasikal pembelajaran dengan model tutor sebaya (peer teaching) pada kegiatan pembelajaran produktif dikatakan tuntas karena diperoleh 90% siswa tuntas.Tujuan pembelajaran khusus (TPK) kognitif yang tuntas sebanyak 25 TPK atau (62,5%), dan yang tidak tuntas sebanyak 15 TPK atau (37,5%). Respon siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model tutor sebaya, menyatakan terhadap materi pembelajaran yang disampaikan: 75% dan siswa yang tidak menjawab bermanfaat 25%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MATERI PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN Ryan Gig Julindra; Debora; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.907 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.1877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving pada Materi Perbaikan Sistem Pendinginan di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari angket respon siswa diperoleh 82,07% siswa menyatakan sangat setuju penerapan model pembelajaran problem solving. Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem solving pada Materi Perbaikan Sistem Pendinginan terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata--rata sebesar 73,61 dan persentase kelulusan sebesar 91.30%.
PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN Wiyogo Wiyogo; Ahmad Eko Suryanto; Langlang Buana Wijaksono
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.627 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.2744

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi media pembelajaran pada mata kuliah dinamika teknik pada di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Secara khusus selain menggembangkan aplikasi media pembelajaran tujuan penelitian bermaksud untuk mengetahui bagaimana kelayakan aplikasi media pembelajaran untuk diterapkan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukan produk aplikasi media pembelajaran pada mata kuliah dinamika teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin telah memenuhi kriteria kelayakan dari aspek verbal, aspek visual dan aspek pemprograman dari respon penilai dengan kategori “sangat baik” dengan persentase masing-masing 77,73%, 77,66% dan 78,52%.
PENGARUH ARAH ALIRAN AIR PENDINGIN TERHADAP HASIL MINYAK DAN LAJU PERPINDAHAN PANAS PADA ALAT PENYULINGAN LIMBAH PLASTIK Akhmad Hasan Al-Banjari; Harie Satiyadi Jaya; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.984 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.3026

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami pengaruh variasi arah aliran air pendingin pada kondensor terhadap minyak hasil penyulingan limbah plastik tipe polypropylene (PP) sebagai bahan ajar fisika pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa arah aliran berlawanan (counter flow) lebih tinggi terhadap hasil minyak plastik yang dihasilkan, karena pada tipe ini terjadi aliran air bertemu dengan aliran uap minyak yang lebih dingin terlebih dahulu menuju aliran uap minyak yang lebih panas sehingga  dapat menjaga penurunan panas yang perlahan dan perbedaan panas antara dua fluida yang kecil. Pembuatan modul fisika ini melalui beberpa tahapan antara lain pengumpulan referensi, merancang modul dan menyusun modul dan terakhir.
PERBANDINGAN HASIL PENYULINGAN PLASTIK TIPE HDPE DAN LDPE DENGAN ALAT PENYULINGAN SEDERHANA Wijaya; Harie Satiyadi Jaya; Wiyogo
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.491 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.3030

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan alat penyulingan sederhana limbah plastik tipe HDPE dan plastik tipe LDPE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah limbah plastik tipe HDPE dan plastik tipe LDPE masing-masing seberat 7,5 kg sebagai bahan baku penyulingan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif. Data penelitian diperoleh dari analisis penggunaan alat penyulingan sederhana, yakni pada saat proses perubahan plastik menjadi minyak dan perbandingan hasil minyak dari penyulingan limbah plastik tipe HDPE dan LDPE. Proses penyulingan dalam penelitian ini menunjukkan proses perubahan wujud plastik dari padat ke gas lalu ke cair. Volume minyak hasil penyulingan dari sampah plastik tipe HDPE (High Density Polyethylene) diperoleh sebanyak 798 mL dari sampah plastik tipe HDPE sebanyak 7,5 kg dengan variasi berat yang berbeda saat pembakaran dan dilakukan. Dan un tuk  plastik tipe LDPE (Low Density Polyethylene) diperoleh minyak hasil penyulingan sebanyak  1856 ml.
PERSEPSI DAN TINGKAT KEPENTINGAN PADA KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM Aldi Riwanto; Wiyogo; Ratna Pancawati
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.989 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.3105

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kualitas pembelajaran praktikum berdasarkan persepsi dan kepentingan yang diberikan responden. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test, nilai Z adalah -2,666 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,008 yaitu apabila kurang dari batas kritis penelitian 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan bermakna antara persepsi dan kepentingan. Pemetaan dengan diagram kartesius  untuk menggambarkan posisi faktor-faktor yang menjadi keinginan responden dan mencari prioritas penting untuk dilakukan perbaikan. Indikator mutu “respon yang cepat terhadap program yang baru”, menjadi prioritas utama perbaikan terdapat pada kuadaran A. Responden merasakan atribut tersebut sangat penting dan mempunyai harapan tinggi, tetapi responden belum merasakan kinerja yang maksimal. Pada usulan prioritas perbaikan, akan  berimplikasi manajerialnya secara keseluruhan pada kuadran A, dan B sehingga tidak terjadi penilaian secara subjektif, yang keterkaitan antara hasil penelitian sesuai analisis kesenjangan, kesesuaian, dan uji beda secara.
KESULITAN BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SMK PIRI I YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID -19 TAHUN AJARAN 2020/2021 Mulfi Hardiansyah; Slamet Priyanto; Dianna Ratnawati
Steam Engineering Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.573 KB) | DOI: 10.37304/jptm.v3i1.3411

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar pada pekerjaan dasar teknik otomotif pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (mix-method). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrument penelitian adalah angket. Hasil uji validasi konstruk yang dilakukan oleh exspert diperoleh bahwa instrument sangat layak digunakan untuk penelitian. Hasil uji validasi dengan menggunakan uji terpakai yang melibatkan sebanyak 29 siswa menunjukan 20 item valid. Hasil uji relibilitas diperoleh nilai Alpha = 0,871 tergolong tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dimasa pandemi covid-19 tergolong rendah. Kesulitan belajar terdiri atas faktor internal dan exsternal dengan kesimpulan sebagai berikut. 1) faktor internal kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otonotif dimasa pandemi covid-19 yang terdiri atas sikap dan motivasi terglong rendah. 2) faktor eksternal, yang terdiri atas factor keluarga factor sekolah, dan faktor masyarakat kesulitan belajar pada Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dimasa pandemi covid-19 tergolong rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9